Emas menemukan pergerakanya yang meningkat beberapa hari kemarin cukup signifikan kenaikanya  Memindai dari beberapa  indikator  yang biasa muncul dalam grafik harian sedikit mengalami Penurunan itu terjadi tiba-tiba selama sesi London,kita dibiarkan berpikir bahwa itu mungkin hasil dari penjualan satu kali dari beberapa transaksi logam mulia,emas saat ini mencoba untuk merebut kembali kerugian sebelumnya,meningkatnya keresahan perang dagang AS-China menyebabkan banyak mata uang negara-negara berkembang berjatuhan. Merespon fenomena tersebut, bank sentral melakukan beragam tindakan agresif, salah satunya adalah dengan melepas cadangan devisa dalam bentuk Emas.

Sesuai hukum supply and demand, hal di atas berdampak pada penurunan harga emas. Logam mulia pun melemah di bawah USD1,200 di tengah kekhawatiran perang perdagangan AS-China yang kembali berkecamuk. Para investor melepas Emas dan beralih ke dolar AS, karena yakin jika keuntungannya lebih terjamin, dan risikonya pun lebih kecil. Hal ini jelas mendorong Indeks USD naik secara drastis.

Emas menukik tajam lebih dari 12% dari puncaknya sejak bulan April tahun ini, kehilangan statusnya sebagai “Yang Mulia Tuan Agung Emas”. Belum lagi, jika dalam waktu dekat ini The Fed menaikkan suku bunga lagi, permintaan untuk Greenback akan lanjut meningkat, sedangkan permintaan Emas akan semakin menukik ke bawah.

Emas terlihat mengikuti lebih tinggi di belakang penolakan harga pada hari Selasa,Ini telah membuka pintu untuk pemulihan lebih tinggi. Pada sisi negatifnya, support muncul di level 1,195.60 di mana penembusan akan mengalihkan perhatian ke level 1.192,66. Lebih jauh ke bawah sebaliknya, resistensi berada di level 1,213.30 di mana penembusan akan mengarah ke level 1,230.25. Secara keseluruhan, emas masih terlihat koreksi hari pagi ini lebih.

Disclaimer :Semua yang tercantum di sini hanya sebagai rujukan analisa saja dan tidak memberikan jaminan keuntungan atas segala transaksi berdasarkan rekomendasi ini dan seluruh resiko menjadi tanggung jawab anda.

 

Terimakasih

Analis Garuda Berjangka

Garuda Berjangka

GrahaSelaras, 4th floor,

Jl. K.H Mas Mansyur No. 59, Jakarta Pusat 120230

Phone: +62 21 3192-0268, Fax: +62 21 31920269
Homepage http://www.garudaberjangka.com/