EURUSD kembali tertekan negatif pada level 1.16584 support di dalam upaya untuk melanjutkan penguatanya secara perlahan,dari perdagangan hari rabu kemarin, terutama setelah harga menemukan resistensi yang baik yang akan terbentuk selama upaya positif baru-baru ini, akan mendorong harga turun untuk menguji level 1.16136 pada awalnya, sementara target positif pertama kami terletak di 1.17076.

tetapidi bagian manufaktur, angka PMI juga meningkatkan kekhawatiran hal ini terutama terlihat di PMI Manufaktur Akhir Zona Euro, yang kalah selama delapan bulan berturut-turut menandai level terendah sejak November 2016 di Jerman Final Manufacturing PMI turun dari 56,9 menjadi 55,9. Meskipun ini yang terhormat,secara signifikan lebih rendah daripada yang kita lihat di awal 2018, ketika indikator berada di atas level 60 para produsen Jerman secara umum tetap optimis, tetapi memiliki kekhawatiran yang berkembang atas tarif yang telah ditampar AS pada China dan laporan UE PMI adalah snapshot penting dari kekuatan ekonomi dan dimonitor secara ketat oleh investor meskipun minggu ini dan laporan PMI manufaktur terus mengarah ke ekspansi, suasana tetap menjadi salah satu perhatian, mengingat bahwa indikator telah jatuh pendek dari perkiraan, dan dalam beberapa kasus mengarah ke tren menurun.

Kenaikan dolar mulai kehilangan kendali karena sentimen risiko menunjukkan beberapa tanda perbaikan namun buck tetap dilakukan karena mata uang menahan diri dari kemunduran lebih dalam menjelang pembicaraan tarif baru antara AS dan China pada Kamis.

Eskalasi perang perdagangan dapat mengirimkan aset berisiko lebih rendah sekali lagi sementara manfaat greenback dari status mata uang safe haven yang khas bersama dengan yen Jepang. Dengan demikian, EUR / USD bisa melanjutkan penurunannya yang merupakan garis pertahanan terakhir menjelang area supportnya faktor risiko Euro termasuk anggaran Italia dan data pekerjaan AS yang berpotensi kuat yang akan jatuh tempo pada hari Jumat Namun dalam jangka panjang, euro bisa mendapatkan kembali kekuatan karena prospek pengetatan lebih lanjut di AS dapat melemah jika ekonomi melambat pada perang perdagangan-perang. Sementara itu, ECB mungkin mulai menyiapkan pasar untuk kenaikan suku bunga setelah QE berakhir tahun ini. Dengan demikian, penurunan di bawah 1,15 bisa menarik bagi pembeli jangka panjang yang percaya pada prospek positif untuk ekonomi zona euro.

Resistant 1.16983 sedang Supportnya di 1.1562 Vivot 1.1627 s/d 1.1679 para trader  harus mencermati hal ini apabila tidak menyentuh level 1.1658 maka kemungkinan EUR akan Mengalami Penurunan kembali hari ini.

Disclaimer :Semua yang tercantum di sini hanya sebagai rujukan analisa saja dan tidak memberikan jaminan keuntungan atas segala transaksi berdasarkan rekomendasi ini dan seluruh resiko menjadi tanggung jawab anda.

 

Terimakasih

AnalisGaruda Berjangka

Garuda Berjangka

GrahaSelaras, 4th floor,

Jl. K.H Mas Mansyur No. 59, Jakarta Pusat 120230

Phone: +62 21 3192-0268, Fax: +62 21 31920269
Homepage http://www.garudaberjangka.com/