Harga emas berjangka kembali bergerak melemah pada perdagangan Selasa (4 September) kemarin, seiring dengan menguatnya Greenback Logam mulia ini kembali tergelincir hingga diperdagangkan pada harga $1190 per troy ons kemarin, yang merupakan rekor terendah dalam dua pekan,indeks-pmi-manufaktur-ism-as-naik-pesat-di-bulan-agustus-2018 data ISM semalam menunjukkan bahwa kondisi bisnis AS meningkat ke level tertinggi dalam 14 tahun terakhir, sehingga memberikan dukungan pada Dolar AS dan memberikan tekanan pada rival-rivalnya, termasuk emas.

Selain itu,harga-emas-turun-dolar-as-masih-jadi-safe-haven-favorit tensi perang dagang yang belum usai juga turut ikut menekan emas. Para investor tetap berpegang pada Dolar AS ketimbang aset safe haven seperti emas dalam keadaan seperti ini dolar yang sedang stabil dalam tren naiknya tentu lebih memberikan perlindungan yang menjanjikan bagi investor, terlebih lagi jika bank sentral AS jadi menaikkan suku bunganya sesuai rencana di sisa tahun ini pasar emas sangat bergelombang folatile  selama sesi perdagangan pada hari senin sampai hari ini, karena Amerika Serikat libur untuk Hari Buruh. Secara keseluruhan, level 1205 telah memberikan tekanan secara signifikan akhir-akhir ini, dan tampaknya kemungkinan akan terus mendorong emas hingga ke bawah 1200,banyak yang hedge fund long position dalam dolar AS berjangka hingga ekstrim walau dengan bank mengambil sisi lain kecuali ada sesuatu yang jahat terjadi di balik layar dalam pelaporan data ini (mungkin tetapi tidak mungkin), bank diposisikan untuk sebuah langkah besar yang lebih tinggi dalam emas dan aksi jual dalam dolar, satu-satunya pertanyaan adalah masalah waktu, Kategori komersial dari Laporan COT (bank + produsen / pedagang / pengolah / pengguna) adalah perak berjangka panjang bersih untuk pertama kalinya dalam setidaknya 25 tahun. Dalam kombinasi dengan struktur Laporan COT emas, ini adalah pengaturan paling bullish untuk logam mulia dalam sejarah  Ketika diposisikan pada ekstrem seperti ini  spekulan selalu salah.

Ini mungkin tidak tampak seperti sekarang, tetapi saya juga akan menyarankan beberapa jenis pengembangan sedang meresap yang akan memicu aksi jual yang tidak terduga dan substansial dalam dolar. Poinnya di sini adalah bahwa hedge fund akan termotivasi untuk mempertahankan harga $ 1220 tingkat. Di atas harga itu, hedge fund akan mulai kehilangan banyak uang pada posisi pendek bersih mereka. Ini adalah satu-satunya cara saya dapat menjelaskan air terjun mengenai harga emas pada hari Selasa. Jika harga emas bisa naik lebih dari $ 1220 ke $ 1230, kemungkinan akan memicu pergerakan short-cover, Namun perlu diingat bahwa karena momentum harga mengarah lebih tinggi, posisi hedge fund akan berayun dari net short ke net long.

Sama dengan jelang-pembahasan-defisit-anggaran-italia-ulasan EUR/USD dan gbpusd-fokus-pada-testimoni-carney GBP/USD, Dolar AS terus mendapatkan kekuatan ketika perselisihan dagang antara Amerika Serikat dan China terus meningkat. Dengan persoalan Brexit yang tengah memberikan tekanan bearish bagi GBP, penguatan USD kini telah mampu menekan harga emas secara signifikan.

Disclaimer :Semua yang tercantum di sini hanya sebagai rujukan analisa saja dan tidak memberikan jaminan keuntungan atas segala transaksi berdasarkan rekomendasi ini dan seluruh resiko menjadi tanggung jawab anda.

 

Terimakasih

AnalisGaruda Berjangka

Garuda Berjangka

GrahaSelaras, 4th floor,

Jl. K.H Mas Mansyur No. 59, Jakarta Pusat 120230

Phone: +62 21 3192-0268, Fax: +62 21 31920269
Homepage http://www.garudaberjangka.com/