EUR USD menunjukkan sedikit pergerakan di sesi Senin. Saat ini, pasangan ini diperdagangkan pada 1,1603, naik 0,10% pada hari itu. Di depan rilis, eurozone dan Jerman Final Manufacturing PMI keduanya melunak pada bulan Agustus, tetapi dalam harapan. Pasar AS ditutup untuk Hari Buruh. Pada hari Selasa, AS merilis IMP Manufaktur ISM Suku bunga RBA diumumkan setiap bulan pada hari Selasa pertama, kecuali pada bulan Januari, Keputusan untuk menentukan suku bunga dilakukan dengan konsensus antara para anggota dewan gubernur RBA. Perubahan suku bunga terakhir terjadi pada bulan Agustus 2016, ketika RBA memotong suku bunga sebesar 0.25% ke +1.50%. Tingkat suku bunga ini adalah yang terendah sejak tahun 1990. Pada meeting terakhir 7 Agustus lalu, RBA mempertahankan suku bunganya di +1.50%, sesuai dengan perkiraan. Statement menyoroti masih rendahnya tingkat inflasi dan upah, serta risiko melambatnya pertumbuhan ekonomi global akibat perang dagang yang dilancarkan AS. Pasar akan fokus pada isi Statement, terutama prospek kenaikan suku bunga dan pengaruh perlambatan pertumbuhan ekonomi China akibat perang dagang dengan AS.

Sektor manufaktur zona euro terus berkembang, tetapi ada kekhawatiran di pasar karena tren penurunan berlanjut pada bulan Agustus. Ini terbukti dalam PMI Manufaktur Akhir Zona Euro, yang kehilangan tanah untuk delapan bulan berturut-turut. Pembacaan 54,6, yang cocok dengan perkiraan, menandai level terendah sejak November 2016. Di Jerman, Final Manufacturing PMI turun dari 56,9 menjadi 55,9. Meskipun ini adalah bacaan yang terhormat, itu secara signifikan lebih rendah daripada bacaan yang kita lihat di awal 2018, ketika indikator berada di atas level 60. Produsen Jerman secara umum tetap optimis, tetapi memiliki kekhawatiran yang berkembang atas tarif yang AS telah menampar China dan Uni Eropa.

Investor tetap waspada terhadap spat tarif antara China dan AS. Sejauh ini, dua raksasa ekonomi telah memberlakukan tarif $ 50 miliar satu sama lain, dan Presiden Trump telah mengancam tarif lebih lanjut senilai sekitar $ 200 miliar, yang dapat dikenakan pada awal seperti minggu ini. AS dapat memilih untuk mengenakan tarif dalam gigitan yang lebih kecil, seperti tarif $ 50 miliar. Dengan booming ekonomi AS, ada sedikit tekanan pada administrasi Trump untuk menghindar dari memberlakukan tarif lebih lanjut. Perdebatan perdagangan saat ini telah melihat penguatan dolar AS terhadap saingan seperti euro, dan tarif lebih lanjut dapat meningkatkan dolar AS.

Resistant 1.1635 sedang Supportnya di 1.1585 Vivot 1.1594 s/d 1.1617 para trader  harus mencermati hal ini apabila tidak menyentuh level 1.1626 maka kemungkinan EUR akan Mengalami Penurunan kembali hari ini.

Disclaimer :Semua yang tercantum di sini hanya sebagai rujukan analisa saja dan tidak memberikan jaminan keuntungan atas segala transaksi berdasarkan rekomendasi ini dan seluruh resiko menjadi tanggung jawab anda.

 

Terimakasih

AnalisGaruda Berjangka

  1. Garuda Berjangka

GrahaSelaras, 4th floor,

Jl. K.H Mas Mansyur No. 59, Jakarta Pusat 120230

Phone: +62 21 3192-0268, Fax: +62 21 31920269
Homepage http://www.garudaberjangka.com/